Tinggi Iman, Tinggi Ilmu, Tinggi Pengabdian...

Selasa, 20 Juni 2017

Mahasiswa Kristen, ini rahasia mengapa anda diajak bergabung dalam GMKI?

By: Irvan Simanjuntak
Berbicara tentang organisasi, banyak organisasi yang ada di Indonesia. Organisasi yang datang dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda baik itu organisasi yang memiliki badan hukum, organisasi kepemudaan, Lembanga Swadaya Masyarakat atau organisasi dalam bentuk apapun. Tetapi dalam tulisan ini sedikit mengulas tentang GMKI.
            GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia) merupakan organisasi kemahasiswaan yang didirikan pada tanggal 9 Februari 1950. Namun Christelijke Studenten Vereeniging op Java (CSV) yang menjadi cikal bakal GMKI telah ada jauh sebelumnya dan berdiri sejak 28 Desember 1932 di Kaliurang, Yogyakarta, Indonesia. Johannes Leimena, Menteri Kesehatan RI 1945-1966 merupakan founding father GMKI. Pertama kalinya beliau memimpin organisasi ini menyampaikan pesan penting yang sampai sekarang masih dikenang yaitu  "Tindakan ini adalah suatu tindakan historis bagi dunia mahasiswa umumnya dan masyarakat Kristen pada khususnya. GMKI menjadilah pelopor dari semua kebaktian yang akan dan mungkin harus dilakukan
di Indonesia. GMKImenjadilah suatu pusat sekolah latihan (leershool) dari orang-orang yang mau bertanggungjawab atas segala sesuatu yang mengenai kepentingan dan kebaikan negara dan bangsa Indonesia. GMKI bukanlah merupakan Gesellschaft, melainkan ia adalah suatu Gemeinschaft, persekutuan dalam Kristus Tuhannya. Dengan demikian ia berakar baik dalam gereja, maupun dalam Nusa dan Bangsa Indonesia. Sebagai bagian dari iman dan roh, ia berdiri di tengah dua proklamasi: Proklamasi Kemerdekaan Nasional dan Proklamasi Tuhan Yesus Kristus dengan Injilnya, ialah Injil Kehidupan, Kematian dan Kebangkitan". Sebut saja itu merupakan sejarah singkat.
            GMKI merupakan organisasi independen yang berazaskan Pancasila dan memiliki Visi yaitu “terwujudnya kedamaian, kesejahteraan, keadilan, kebenaran, keutuhan ciptaan dan demokrasi di Indonesia berdasarkan kasih” Sementara Misi GMKI adalah :
1. Mengajak mahasiswa dan warga perguruan tinggi lainnya kepada pengenalan akan Yesus Kristus selaku Tuhan dan Penebus dan memperdalam iman dalam kehidupan dan pekerjaan sehari-hari.
2. Membina kesadaran selaku warga Gereja yang esa di tengah-tengah mahasiswa dan perguruan tinggi dalam kesaksian memperbaharui masyarakat, negara, gereja, perguruan tinggi dan mahasiswa, dan menjadi sarana bagi terwujudnya kesejahteraan, perdamaian, keadilan, kebenaran dan cinta kasih di tengah-tengah manusia dan alam semesta. Dan
3. Mempersiapkan pemimpin dan penggerak yang ahli yang bertanggungjawab dengan menjalankan panggilan di tengah-tengah masyarakat, negara, gereja, perguruan tinggi dan mahasiswa, dan menjadi sarana bagi terwujudnya kesejahteraan, perdamaian, keadilan, kebenaran dan cinta kasih di tengah-tengah manusia dan alam semesta.
Demikian visi misi GMKI yang senantiasa menjadi acuan pergerakan dalam organisasi. Memang tidak mudah mewujudkannya akan tetapi itu menjadi tugas penting  bagi mahasiswa yang bergabung didalamnya. Ada banyak organisasi yang berbasis kemahasiswaan terutama organisasi yang tergabung dalam Kelompok Cipayung HMI, GMKI, GMNI, PMKRI dan PMII yang memiliki visi dan misi dan memiliki sejarah penting dalam perjuangan mempertahankan kesatuan lebih tepatnya sebagai negara yang ditopang 4 Pilar kebangsaan. Dan sampai saat ini kerja sama  kelompok cipayung masih terbilang baik.

            Selain visi misi, GMKI memiliki Panca Kegiatan yaitu berdoa, belajar, bersaksi, bersosial, berkreasi.  Maka dari itu GMKI juga disebu Gereja yang incognito (gereja yang tersamarkan) karena fungsi gereja terkandung dalam tugas dan fungsi GMKI. Selain itu GMKI juga memiliki 3 panji yaitu tinggi iman, tingg ilmu dan tinggi pengabdian. 3 panji ini cocok buat mahasiswa kristen yang dituntut intuk memiliki iman, ilmu dan pengabdian dan 3 panji ini selaras dengan tri darma perguruan tinggi pendidikan, penelitian dan pengabdian. Dan sebagai seorang mahasiswa yang dituntut untuk berkarya, maka untuk memperluas penatalayan GMKI memiliki tiga medan layan yaitu gereja, masyarakat dan perguruan tinggi. 3 wilayah ini merupakan ruang gerak GMKI dalam mewujudkan tinggi iman, tinggi ilmu dan tinggi pengabdian.

            Masihkah andah tetap pada pendirian sebagai mahasiswa kupu-kupu? Akan lebih menarik jika lebih banyak yang bertanya apa kelebihan jika bergabung dalam organisasi ini. Namun itu akan menjadi rahasia yang akan anda cari jawabannya dengan cara berproses didalamnya. Yang pastinya banyak kader yang berproses dalam organisasi GMKI yang sampai saat ini menjadi kader yang memiliki peran penting dalam memajukan negara Indonesia mulai yang berpofesi di bidang akademisi ataupun dibidang praktisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post