Tinggi Iman, Tinggi Ilmu, Tinggi Pengabdian...

Senin, 03 Maret 2014

KEPEMIMPINAN YANG SEJATI

 “Ketika Orang Berkorban Demi Suatu Perjuangan,
 yang Lain Terdorong untuk Terlibat Dalam Perjuangan Tersebut”
“Ketika Sang Pemimpin Berkorban, Pengikutnyapun Ikut Berkorban”


IRVAN SIMANJUNTAK
MAHASISWA STIKOM IGA TANJUNGPINANG
DEPT. KOMUNIKASI GMKI CABANG  TANJUNGPINAG
(Diterbitkan Di Tanjungpinang Pos)
Itulah beberapa kalimat yang terucap oleh peneliti-peneliti kepemimpinan yang sangat memotivasi jika di hayati. Berkaitan dengan PEMILU 09 April dan 09 Juli mendatang, masyarakat sebenarnya harus mengetahui beberapa hal untuk memilih Pemimpin yang baik sehingga tidak ada yang namanya kekecewaan yang diwarnai dengan kericuhan-kericuhan nantinya jika pemimpin yang terpilih tidak sesuai harapan masyarakat sebagai pemilih. Pemimpin sejati tidak pernah mengatakan “pilihlah aku jadi pemimpin”, tetapi pemimpin sejati menunjukkan kepemimpinannya dengan perbuatan. Sekian banyak tipe-tipe pemimpin yang kita ketahui
pada umumnya, tapi pemimpin yang sempurna adalah mereka yang berkorban dan berjuang untuk kepentingan yang dipimpinnya dan untuk tujuan bersama.
Pemimpin yang sejati membiarkan orang lain menggantikaan kedudukannya sebagai pemimpin. Pemimpin sejati memotivasi yang dipimpinnya untuk jadi pemimin, dan pemimpin sejati tidak pernah iri jika ada sosok pemimpin yang bisa menggantikannya. Pemimpin yang baik rela berkorban untuk tujuan bersama dan selelu membedakan antara kepentingan pribadi dan kepentinga bersama yang dipimpinnya.
PEMILU pada bulan April mendatang akan menjadi kegiatan demokrasi yang akan bersejarah seperti PEMILU sebelumnya yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia dari sabang sampai merauke. Jika kita sama-sama melihat apakah pemimpin-pemimpin kita adalah pemmpin yang memiliki kepemimpinan yang sejati? Apakah kita sebagai masyarakat merasa puas dengan pemimpin-pemimpin kita? Merasa sudah dilayani? Apakah tugas mereka sudah terlaksana dengan baik?. Jika kita lihat secara meneyeluruh di penjuru Negeri kita, masi banyak masyarakat yang mengeluh dan kecewa atas pelayanan dan kepemimpinan yang tidak memenuhi kriteria sebagai pemimpin yang baik, bahkan kekecewaan diwarnai dengan kericuhan atu unjuk rasa.
Pemimpin  daerah maupun ibu kota sangat berpengaruh penting bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan di berbagai bidang, yaitu bidang kesehatan, pendidikan maupun di bidang perekonomian dan dibidang lainnya. Jika pemimpin tidak rela berkorban waktu dan fikiran untuk mengatur dan mengarahkan maka dia bukanlah pemimpin yang diharapkan, dan jika pemimpin hanya menikmati kedudukannya tidak focus dengan tugas dan amanah dari masyarakat maka kemajuan bersama tidak akan terwujud dan tentunya akan mengakibatkan kekecewaan bagi yang dipimpinnya.  Memang menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah, dan bukan juga hal yang sangat sulit. Kriteria kepemimpinan yang baik sangatlah kita harapkan ada dalam diri pemimpin yang akan kita pilih nantinya untuk menjadi pemimpin kita.
Dengan demikian PEMILU 09 April mendatang untuk memilih “Dewan Legislatif” dan 09 juli untuk memilih “Persiden dan Wakil Presiden”, seluruh masyarakat diharapkan ikut serta berpartisipasi dan jeli melihat calon-calon pemimpin yang memiliki kriteria kepemimpinan yang sejati, sehingga harapan kita seluruh masyarakat bisa terwujudkan dan negri tercinta menjadi negri makmur dan kaya dengan kesejahteraan.
Sebagai warga tentunya selelu mengharapkan pemimpin yang benar-benar bisa memimpin, bukan pemimpin yang hanya memandang jabatan atau kedudukannya. Rekan-rekan pemuda Tanjungpinang pemimpin terdahulu mengatakan “masa muda mu adalah masa perjuangan mu untuk menjadi pemimpin bagi kaum mu”







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post